GELAR KARYA P5 YOSSUBA
Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan dua elemen penting dalam pendidikan di Indonesia saat ini. IKM memberikan ruang bagi sekolah untuk merdeka dalam mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan konteks masing-masing, sedangkan P5 berfokus pada pengembangan karakter dan kompetensi siswa yang sejalan dengan profil pelajar Pancasila.
P5 merupakan salah satu komponen inti dalam IKM. P5 dirancang untuk memperkuat upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila. P5 tidak terintegrasi dalam pembelajaran setiap mata pelajaran, melainkan memiliki porsi khusus dalam alokasi jam mata pelajaran. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap mereka dengan belajar dari teman, guru, dan bahkan tokoh masyarakat sekitar.
P5 merupakan kegiatan kokurikuler yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan, mengembangkan keterampilan, serta menguatkan pengembangan enam dimensi profil pelajar Pancasila. Selain itu, P5 dapat mengarahkan siswa untuk mempelajari secara mendalam tema-tema atau isu penting, seperti gaya hidup berkelanjutan, toleransi, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi. Siswa juga dapat melakukan aksi nyata sebagai respons terhadap isu-isu tersebut sesuai dengan perkembangan dan tahapan belajar mereka.
P5 bertujuan untuk: 1) Mengembangkan karakter dan kompetensi siswa sesuai dengan profil pelajar Pancasila. P5 membantu siswa untuk menjadi pribadi yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, kreatif, bernalar kritis, dan bertanggung jawab. 2) Memberikan pengalaman belajar yang kontekstual dan bermakna. P5 memungkinkan siswa untuk belajar dari permasalahan nyata di lingkungan sekitar dan mencari solusi yang kreatif dan inovatif. 3) Mengembangkan keterampilan abad ke-21, artinya P5 membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan berkomunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, dan kreatif.
Dalam P5, akan ada puncak dari rangkaian tahapan (pengenalan, kontekstualisasi, aksi, refleksi, dan tindak lanjut) dalam setiap projek yaitu Gelar Karya P5. Gelar Karya P5 merupakan sebuah pameran hasil karya projek yang dilakukan oleh siswa-siswi di akhir semester. Gelar Karya P5 tidak hanya bertujuan untuk menunjukkan hasil karya siswa, tetapi juga untuk meningkatkan potensi dan semangat kolaborasi antarsiswa, guru.
Gelar Karya P5 memberikan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan bakat dan kemampuan siswa dalam berbagai bidang, tidak hanya dalam bentuk produk, tetapi dapat berupa unjuk potensi sesuai bakat dan minat siswa masing-masing. Selain itu, Gelar Karya P5 memberikan ruang bagi siswa untuk menunjukkan kreativitas dan inovasinya dalam menyelesaikan projek. Siswa juga belajar untuk bertanggung jawab atas projek dan bekerja secara mandiri untuk menyelesaikannya. Gelar Karya P5 juga menjadi ajang kolaborasi antarsiswa, guru, dan orang tua. Dalam hal kolaborasi antarsiswa, siswa belajar untuk bekerja sama dengan teman-temannya dalam mencapai tujuan bersama. Dalam hal kolaborasi antara siswa dan guru, guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing bagi siswa dalam menyelesaikan projek. Adapun dalam hal kolaborasi antara siswa dan orang tua, orang tua dapat terlibat dalam proses projek dengan memberikan dukungan dan masukan kepada siswa.
Gelar Karya P5 bukan ajang pamer tanpa makna saja, tetapi memiliki dampak positif. Dampak positifnya, antara lain, 1) Meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi siswa, 2) Meningkatkan kemampuan komunikasi dan presentasi siswa, 3) Meningkatkan kerja sama dan kolaborasi antarsiswa, guru, dan orang tua, 4) Meningkatkan kreativitas dan inovasi siswa, dan 5) Meningkatkan rasa cinta dan bangga terhadap hasil karya sendiri.
IKM dan P5 merupakan dua elemen penting dalam pendidikan di Indonesia saat ini. IKM memberikan ruang bagi sekolah untuk merdeka dalam mengembangkan kurikulum, sedangkan P5 berfokus pada pengembangan karakter dan kompetensi siswa yang sejalan dengan profil pelajar Pancasila.
P5 memberikan pengalaman belajar yang kontekstual dan bermakna bagi siswa, serta membantu mereka untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 yang dibutuhkan untuk masa depan. Selain itu, dengan melaksanakan Gelar Karya P5 maka akan tumbuh benih potensi dan kolaborasi yang mewujudkan sinergi.
#yosubamajubersama
#prestasihargamati
#belaskasihsopasti
temukan kami juga di :
Instagram : @smakyossudarsobatu
Tiktok : @smakyossudarsobatu
Facebook : smak yossuba
Youtube : SMAK YOS SUDARSO BATU
Web : smakyossudarsobatu.sch.id